Jumaat, 11 November 2011

♥ Berdebat dan Bertengkar ♥


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Sahabat saudaraku fillah...

Berdebat adalah menentang atau menyudutkan perkataan orang lain dengan maksud agar orang lain terdiam, sehingga tampak kelemahan dan kebodohannya dan menunjukkan seolah-olah diri sendirilah yang benar. Tanda orang yang berdebat adalah jika memberikan keterangan tentang kebenaran, ia menggunakan cara yang tidak disukai lawan debatnya. Sedangkan yang mendorong seseorang untuk berdebat yakni ambisi untuk menampakkan kelebihan diri sendiri dan ambisi untuk menjatuhkan orang lain dengan menampakkan kekurangnnya.


Perdebatan tidak terlepas dari menyakitkan dan membangkitkan kemarahan. Oleh karena itu sebisa mungkin hindarilah perdebatan dan pertengkaran yang bukan saja membuat orang lain tidak suka, karena di sisi lain perdebatan yang tidak memperhatikan kaidah sopan santun adalah perbuatan tercela dan hanya membuang waktu dan terjebak dalam perkataan yang sia- sia. Sekiranya kita tidak menyukai pernyataan seseorang bicaralah dengan baik. Kalau tidak bisa lebih baik diam.” Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berkata yang baik atau kalau tidak bisa lebih baik diam” ( HR. Bukhari dan Muslim )


Perdebatan yang mengarah kepada pertengkaran yang bersifat emosional merupakan perbuatan yang tidak dibenarkan dalam Islam. Oleh karena itu seorang muslim yang baik harus menghindari perbuatan semacam itu meskipun berada pada pihak yang benar, kecuali jika pembicaraan bisa dikendalikan dengan bertutur kata yang baik, sopan dan tidak menyinggung perasaan. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda :


" Barang siapa meninggalkan perbantahan sedangkan dia dalam pihak yang benar, Allah akan membangun untuknya rumah di surga yang paling tinggi. Dan barangsiapa meninggalkan perbantahan, sedang ia dalam pihak yang salah, niscaya dibangun untuknya rumah di tengah-tengah surga " ( HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah )


Allah Subhanahu Wa Ta'ala tidak menyukai orang yang suka berbantahan dan pertengkaran apalagi dengan cara yang keras, sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam berikut ini :

" Orang yang paling dibenci Allah adalah orang yang paling keras dalam pertengkaran. " ( HR. Bukhari ).

Lantas bagaimana dengan berdebat dalam forum ilmiah?

Dalam forum ilmiah pun berdebat tetap tidak dibenarkan. Yang ada adalah diskusi atau mengajukan berbagai pertanyaan dengan maksud untuk mendapatkan manfaat tidak dengan sifat menentang atau jaga gengsi. Itupun haruslah dengan menjaga etika sopan santun, bertutur kata yang baik dan tidak mencela.

Umar bin Khattab berkata : Janganlah mempelajari ilmu karena tiga hal dan janganlah meninggalkan ilmu karena tiga hal.

˚◦♥◦˚ Janganlah mempelajari ilmu karena ;

1.Agar dapat berdebat atau berbantahan dengan orang lain

2.Untuk membanggakan diri

3.Untuk riya’( pamer )

˚◦♥◦˚ Dan jangan meninggalkan mempelajari ilmu karena tiga hal;

1.Zuhud terhadap ilmu, karena tidak memerlukannya dan menganggapnya sesuatu yang rendah/ hina.

2.Malu mempelajarinya

3. Ridha dengan kebodohan


Demikianlah sahabat saudaraku fillah, semoga kita mampu menjaga lisan kita agar selalu bertutur kata yang baik dan mampu menghindari perkataan yang sia- sia dan mendatangkan permusuhan.