Khamis, 1 Disember 2011

Memilih Sahabat



Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sahabat saudaraku fillah....

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman yang artinya :

" Teman- teman karib pada hari itu saling bermusuhan satu sama lain, kecuali mereka yang bertaqwa" ( QS. Az- Zukhruf : 67 ).

Rasulullah juga mengingatkan kita tentang berhati-hati dalam berteman atau bersahabat seperti dalam sabda beliau :

" Sesungguhnya perumpamaan teman yang sholeh dengan teman yang buruk adalah seperti penjual minyak wangi dan pandai besi. Seorang penjual minyak wangi bisa memberimu atau kamu membeli darinya, atau kamu bisa mendapatkan wanginya. Dan seorang pandai besi bisa membuat pakaianmu terbakar, atau kamu mendapat baunya yang tidak sedap ( HR. Bukhari, Muslim dan Ahmad ).

" Seseorang itu tergantung agama temannya. Maka hendaklah salah seorang dari kalian melihat siapa temannya." ( HR. Ahmad dan Tirmidzi ).

Lalu seperti apakah ciri- ciri sahabat yang baik itu?

Ciri- ciri sahabat yang baik :

♥ Dia mendorong kita untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat ( taat beribadah,dapat dipercaya, jujur, bertanggung jawab dan memiliki kesungguhan dalam kebaikan ).

♥ Dia bisa membantu kita dalam menunaikan tanggung jawab serta melarang kita melakukan perkara buruk dan maksiat.

♥ Jika kita berbakti kepadanya dia akan melindungi kita.

♥ Dia menyambut persahabatan kita dengan baik.

♥ Jika kita membutuhkan pertolongan atau minta bantuan, dia akan membantu kita sesuai dengan kemampuan.

♥ Jika kita memberikan kebaikan kepadanya, dia menerima dan menghargainya dengan baik.

♥ Jika dia melihat sesuatu yang tidak baik dalam diri kita dia mengingatkan dengan cara yang baik dan tidak menceritakannya kepada orang lain( pandai menutup aib kita ).

♥ Jika kita mengalami kesulitan/ musibah, dia akan membantu meringankan dan tidak meninggalkan kita.

♥ Dia bisa menjadi pendengar dan penasehat yang baik untuk kita.

♥ Jika ada selisih pendapat bersedia mengatasinya dengan musyawarah, tidak memojokkan kita dan tidak mengungkit kesalahan di masa lalu.

Karena sahabat kita bisa berbahagia dan karena sahabat pula kita menderita. Oleh karena itu jangan pilih sahabat yang seperti ini :

♥ Sahabat yang fasik, ingkar akan aturan Allah dan yang membawa kita semakin jauh dari Allah. Seseorang yang tidak menambah kebaikan untuk urusan dunia dan akhirat.

♥ Sahabat yang tamak.

Dia hanya mau memberi sedikit tapi meminta yang banyak dan hanya mementingkan diri sendiri.

♥ Jangan bergaul dengan orang yang suka berkata dusta.

♥ Jangan bersahabat dengan orang yang curang karena hanya ingin memanfaatkan kebaikan kita, disisi lain dia berencana mencelakakan kita.

♥ Dia menyetujui apapun yang kita lakukan tidak peduli benar atau salah. Di hadapan kita memuji tapi di belakang kita merendahkan dan menyebarkan aib kita.

♥ Sahabat yang pemboros dan senang hura-hura.

Dia hanya mau menjadi teman kita manakala dalam kesenangan. Di kala kita mengalami kesusahan dia pergi meninggalkan kita. Dia senang mengajak kita berbelanja hal yang tidak bermanfaat dan pergi ke tempat maksiat dan yang melalaikan.

Sahabat saudaraku fillah... oleh karena itu berhati-hatilah dalam memilih sahabat karena menjadi cermin kepribadian kita. Bersahabatlah karena Allah untuk mencari ridha- Nya. Marilah kita ciptakan komunitas yang bermanfaat dengan memilih teman atau sahabat yang baik.

:::::::♥ Barakallahu fiikum ♥:::::::

♥Salam santun erat silaturahmi dan ukhuwah fillah♥