Isnin, 2 Januari 2012

Apa Yang Kita Sukai Belum Tentu Yang Terbaik




Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Sahabat saudaraku fillah..

Terkadang apa yang kita benci justru mendatangkan kebaikan, sebaliknya apa yang kita sukai tak jarang mendatangkan kesusahan. Janganlah kita merasa aman dengan kesenangan, karena bisa saja menimbulkan kemudharatan. Namun jangan pula berputus asa jika mengalami kesulitan karena bisa jadi mendatangkan kesenangan di kemudian hari.

Mari kita renungkan firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala berikut ini: “.....Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.” ( QS. Al Baqarah: 216 ).

Saudaraku..hanya Allah yang mengetahui apa yang terbaik dan terburuk untuk kita. Hal ini karena pengetahuan Allah tidak terbatas, sedangkan apa yang kita ketahui amatlah terbatas. Kita hanya mampu menilai apa yang tampak dan mudah dipahami seketika. Oleh karena itu kita harus menyandarkan diri , berserah diri dan memohon petunjuk kepada kebijaksanaan Allah. Apa yang terbaik menurut-Nya pasti terbaik untuk kita. Sesungguhnya setiap hal atau kejadian di dunia ini tak luput dari kehendak Allah pula. Kita hanya menjalani apa yang telah ditetapkan-Nya.

Dalam hal ini Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman : “ Jika Allah menimpakan kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak karunia-Nya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. “ ( QS. Hud : 107 ).

Dengan memiliki kesadaran seperti ini kita akan berupaya untuk melihat sisi baik dan hikmah di balik setiap peristiwa. Sehingga kita meyakini bahwa apa yang kita anggap buruk saat ini belum tentu berakibat buruk di masa mendatang . Sebaliknya, setiap hal yang kita sukai dan kita angggap baik saat ini belum tentu yang terbaik untuk masa depan kita. Demikianlah saudaraku..semoga untaian ini bermanfaat.