Ahad, 18 Disember 2011

♥Menjauhi Sikap Saling Mencari Keburukan♥




Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sahabat saudaraku fillah..

Salah satu tanda kebaikan pergaulan seseorang adalah manakala ia mampu menguasai dirinya untuk tidak mencari keburukan orang lain. Karena baginya menyibukkan diri terhadap hal yang baik lebih utama daripada mencari aib orang lain. Dia pun menyadari bahwa mencari aib orang lain atau menyingkapnya adalah perbuatan yang dilarang oleh Allah.

“....Dan janganlah mencari –cari kesalahan orang lain dan janganlah menggunjingkan satu sama lain...” ( AL- Hujurat : 12 ).

“ Jika kamu mencari- cari keburukan manusia berarti kamu telah merusak mereka atau hampir –hampir merusak mereka. “ ( HR. Abu Dawud ).

Saudaraku..mencari keburukan orang lain akan menimbulkan perselisihan dan renggangnya tali persaudaraan. Kita harus menyadari bahwa tak ada manusia yang sempurna tanpa kesalahan. Oleh karena itu jauhilah sikap saling mencari keburukan . Andaikan kita menemukan aib saudara kita alangkah bijaknya jika kita bersedia menutupnya tanpa menyebarkan kepada yang lain. Jikalau kita memiliki sikap gemar mencari aib orang lain lantas menyebarkan, tidak mustahil suatu ketika aib kita pun akan tersingkap juga.

Dalam hal ini Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda :

“ Sesama muslim adalah bersaudara, tidak mendzaliminya, tidak menyerahkannya kepada musuh. Barangsiapa mencukupi kebutuhan saudaranya, maka Allah akan mencukupi keperluannya , barangsiapa yang membebaskan seorang muslim dari kesusahan di dunia , maka Allah akan membebaskannya dari kesusahan hari kiamat, barangsiapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya di hari kiamat. “ ( HR. Bukhari dan Muslim ).

Saudaraku.. tugas kita sebagai muslim yang baik adalah sebagai penyeru dan penyebar kebaikan. Andaikan kita melihat aib atau kesalahan saudara kita maka tutuplah , jangan disebarkan kepada yang lain dan nasehatilah dengan santun. Andaikan tidak menerima nasehat bahkan kejahatan semakin menjadi- jadi maka tinggalkan untuk sementara waktu , jangan mendebatnya karena bisa berkembang kepada kejahatan yang lebih besar. Meskipun demikian, sebagai hamba Allah yang bersaudara sudah seharusnya kita mendo’akan agar Allah memberikan hidayah untuknya.