Ahad, 9 Jun 2013

Bersikap Baik terhadap Binatang Peliharaan



Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sahabat saudaraku fillah....

Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah mengistimewakan manusia dibandingkan dengan binatang. Keistimewaan manusia terletak pada akal dan kemampuan berbicara dengan beragam bahasa.Oleh karena itulah Allah mengutus manusia untuk menjadi khalifah di muka bumi karena memiliki banyak kelebihan. Namun manusia akan menjadi mulia apabila memiliki akhlak yang baik, di antaranya;


♥˚•° Akhlaq terhadap Allah dengan mematuhi segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

♥˚•° Akhlaq terhadap sesama manusia dengan memenuhi hak bersaudara dan menghindari permusuhan.

♥˚•° Akhlaq terhadap binatang dan lingkungan semesta dengan memelihara dan tidak menyiksa atau merusak lingkungan agar kelestarian hidup terpelihara.


Saudaraku.... Sesungguhnya Allah menundukkan binatang untuk kemanfaatan manusia. Allah menciptakan ayam , sapi, kambing dan binatang sejenisnya untuk bahan makanan manusia.Namun ada di antara binatang itu yang memiliki sifat jinak, akrab dengan keluarga dan tidak untuk bahan makanan hanya sebagai hewan peliharaan. Seperti kucing, burung dan binatang lain yang akrab dengan kita. Binatang seperti ini tidak berdosa jika kita memeliharanya asalkan tetap memperhatikan hak-haknya seperti makan, minum dan tidak menyakitinya.

“Ada seorang perempuan disiksa oleh Allah karena mengikat kucing sampai mati. Lalu ia masuk neraka akibat menahan kucing itu. Dia tidak memberi makan dan minum ketika menahannya, dan ia juga tidak melepasnya agar dapat memakan sesuatu yang ada di muka bumi.”( HR Bukhari dan Muslim ).

Namun ada binatang yang dilarang oleh Islam untuk memeliharanya yakni anjing, kecuali untuk keperluan berburu atau penjaga keamanan karena anjing mengandung najis berat.

“ Para malaikat yang bertugas membawa rahmat tidak mau masuk rumah yang di dalamnya ada anjing. Barang siapa yang memelihara anjing tanpa ada keperluan ( yang dibenarkan oleh Islam) maka berkuranglah pahala dan kebaikannya setiap hari. “( HR. Bukhari dan Muslim )


Jadi jelaslah saudaraku..bahwa bersikap baik terhadap binatang peliharaan adalah menunjukkan pribadi yang mulia.Oleh karena itu janganlah kita memukul atau menyiksanya atau membiarkan mereka kelaparan. Tanamkanlah dalam hati kita rasa kasih sayang dan kelembutan terhadap mereka.